“Perilaku Sehat ”, Save Our Generation- Hari Aids Sedunia


01 Desember setiap tahunnya dikenal sebagai hari Peringatan Aids Internasional, tahun ini tepatnya Selasa 01 Desember 2015 pun tetap diperingati sebagai hari Aids Internasional. Berbicara masalah Aids, tentu bukan hal baru lagi di dunia kesehatan khususnya, karena penyakit ini belum ditemukan pengobatannya hingga saat ini, yang ada ialah observasi dari penyakit Aids tersebut, Esensi upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS di Indonesia adalah bagaimana untuk mencegah dan mengurangi risiko penularan HIV, meningkat-kan kualitas hidup ODHA, serta mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat HIV & AIDS pada individu, keluarga dan masyarakat, agar setiap individu menjadi produktif dan bermanfaat untuk pembangunan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Bala Keselamatan secara internasional terkait dengan penanggulangan dan penanganan HIV/AIDS di tengah-tengah masyarakat, secara khusus dalam memerangi stigma dan diskriminasi terhadap setiap orang yang hidupnya terdampak oleh masalah HIV/AIDS secara langsung maupun tidak langsung.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan pergaulan remaja yang sangat kompleks seperti saat ini maka diharapkan seluruh lapisan masyarakat turut bahu membahu memberikan pengarahan dan pengawasan kepada kaum Remaja khususnya, yang tercatat sebagai jumlah terbesar pengidap Aids saat ini.  Untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, maka cegah dan lindungi diri, keluarga dan masyarakat dari HIV & AIDS dalam rangka perlindungan Hak Asasi Manusia. Perlindungan tersebut dapat kita lakukan dengan pencegahan penularan baru HIV & AIDS terhadap diri, keluarga dan masyarakat, perlindungan HAM bagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dari stigma dan diskriminasi melalui lingkungan yang kondusif dengan optimalisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE), peningkatan pelaksanaan Program Penanggulangan HIV & AIDS secara Komprehensif dan Berkesinambungan di lingkungan sekitar.
Sebenarnya, upaya-paya yang dilakukan pemerintah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat cukup gencar melalui informasi dengan melibatkan lintas sektor termasuk media. Namun, informasi yang benar tidak begitu saja menghapus i  nformasi keliru. Selain itu, tidak sendirinya berpengaruh langsung kepada perubahan perilaku.
Masyarakat yang tahu informasi benar seharusnya tidak menambah beban penderitaan ODHA. Perlu diketahui, virus HIV/AIDS tidak mudah menular, sebab hanya bersarang pada sel darah putih tertentu yang disebut sel T4. Karena sel T4 hanya ada pada cairan tubuh, maka HIV ditemukan dalam cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina dan cairan leher rahim.
Penularan HIV/AIDS dari cairan tubuh di atas harus masuk langsung dalam peredaran darah. Memang HIV ditemukan dalam jumlah sangat kecil di air liur, namun sampai sekarang belum ada bukti-bukti penularan lewat liur juga ASI. Cara penularan hanya melalui hubungan seksual dengan pengidap, tranfusi darah, lewat alat suntik atau alat tusuk lain seperti pisau cukur bekas dipakai tercemar HIV dan ibu hamil menghidap HIV kepada janin yang dikandungnya.
Virus ini cepat mati kalau berada diluar, karena itu HIV tidak bisa menular lewat udara. Sehingga tidak menular ketika bersenggolan, berjabat tangan, bersentuhan dengan pakaian, penderita bersin atau batuk-batuk di depan kita, berciuman (dalam konteks yang wajar), lewat makanan dan minuman, gigitan nyamuk serta bersama berenang di kolam renang.
Tahun 2015, Pemerintah dari tahun ke tahun selalu meningkatkan upaya perbaikan di bidang kesehatan Masyarakat, tahun ini pemerintah kembali memberikan arahan agenda kegiatan besar yang bertemakan “Perilaku Sehat” yakni :
·         Perilaku Sehat Awal Pencegahan HIV dan AIDS
·         Saatnya semua bertindak untuk berperilaku sehat
·         Masyarakat transportasi siap berperilaku sehat untuk mendukung program pencegahan dan penanggulangan hiv dan aids
Dengan semangat Revolusi mental yang terus diperbaharui, maka Logo peringatan AIDS Sedunia tahun ini bertemakan “Perilaku Sehat”, yang diusung dalam upaya mengajak seluruh lapisan masyarakat dan lintas generasi untuk perbaikan Kesehatan di Negeri ini, tema tahun ini mempunyai makna dengan dilandasi semangat, optimisme, dan profesionalisme, Kementrian Perhubungan bersama-sama dengan seluruh Masyarakat Indonesia Siap Berperilaku Sehat Untuk Mendukung Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia.
NCS sebagai salah satu bagian dari Negeri ini, selalu berupaya memberikan informasi yang bermanfaat dan sangat mendukung program Pemerintah dalam upaya perbaikan masyarakat, sebagai bentuk tanggung jawab moril kami kepada masyarakat. #NCS Jasa Pengiriman #NCSKurir#mitrausahancs

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "“Perilaku Sehat ”, Save Our Generation- Hari Aids Sedunia "

Posting Komentar